Kenapa Bukan Versus Beneran?

Hi,

Perkenalkan, gue vita!

Sebenernya ini adalah blog galau, blog yang gue buat karena lagi miskin aktivitas dan kreativitas. Blog yang lahir karena hobi gue yang sia-sia, yaitu ngomentarin sesuatu. Tapi, gue gak tau kenapa, gue pingin membuat blog ini.

Membandingkan sebuah produk dengan produk lain yang sejenis itu adalah hal yang rumit, apalagi kalo kita bukan penggunanya. Tapi, kalo pas kita adalah pengguna atau penikmat produk tersebut, tidak berkomentar sedikit pun atas kepuasan atau kekecewaan yang kita alami juga rasanya seperti mengukir hati dengan pahat. Sakit. Ini yang biasanya gue rasain. Nah, apalah arti komentar kalo cuma di hati saja.

Seperti yang banyak ditulis di buku motivasi, jika ada seseorang yang bisa membawa banyak perubahan, itulah influencer. Influencer atau orang yang bisa mempengaruhi orang lain, baik dengan aktivitas, kata-kata atau tulisannya. Gue coba melihat diri gue. Gue sendiri bukan orator yang pintar berkata-kata. Gue juga bukan orang yang kreatif dalam hal beraktivitas, gue jarang bisa bikin kegiatan amal yang sukses atau mempengaruhi orang lain untuk bersama-sama bikin pembangkit listrik tenaga air di desa-desa. Gue belom sejago itu.

Tapi gue bisa nulis. Pengalaman gue menulis cukup banyak. Pernah punya blog sekali yang terpaksa ditutup karena hostingnya ababil. Terus punya blog satu lagi yang terpaksa juga ditutup karena setelah dipikir-pikir dari ratusan tulisan di situ, yang bermanfaat cuma 1 atau 2 biji. Pernah bekerja sebagai jurnalis, penulis online dan editor. So, kenapa gue gak nulis lagi? Gak bikin sesuatu lagi yang sesuai kesukaan gue? Gue ngerasa gak ada alasan apapun yang membuat gue harus stop menulis! Walau gue gak berharap tulisan gue ini akan mempengaruhi orang lain, tapi gue pengen tulisan gue bisa memaparkan cara pandang gue terhadap sesuatu yang gue amati.

Versusversusan lahir dari kebiasaan gue membanding-bandingkan apa yang gue lihat. Mulai dari produk pakai, jasa, filem, musik, bacaan dan sebagainya. Kadang gue suka gemes kalo ada orang lain cerita tentang kebagusan sebuah buku sementara dia belum baca buku lainnya yang menurut gue jauh lebih bagus di genre yang sama. Gue mau maksa tu orang baca, tapi tu orang nyuruh gue beliin bukunya. Akhirnya gue diem dengan memandam penyesalan seumur hidup kalo sampe tu orang gak baca beneran.

Gue sempet debat kusir ama laki gue cuma untuk ngebandingin bagaimana performa Evan Dimas dan Maldini Pali di lapangan pada musimnya U19 lagi tenar-tenarnya dahulu kala. Debat itu menyisakan tangisan di diri gue dan akhirnya kita tidur belakang-belakangan. Yang gue sebelnya adalah, karena ujung dari debat itu sangat sederhana tapi memilukan. Iya, laki gue cuma ngomong, “udah dek, gak baik ngebantah suami. Dosa dalam agama!” Mingkem abis itu gue!

Terus kenapa gak bikin blog versus beneran. Ya, itu dia, siapalah gue hamba yang lemah ini. Kadang gue ngomong dari apa yang gue rasain dan apa yang gue amatin. No reseach, no data! Tentu gue berharap orang yang ngebaca analisa versus ala gue nggak nganggep ini sebagai keseriusan. Gue bakalan empet banget kalo tiba-tiba ada yang koment kayak gini:

Udahlah Mbak pikirin aja diri sendiri udah bener apa belom ketimbang ngomentarin orang lain!

atau komen gini:

Mbak itu kan kreativitas orang mbak, emang lo udah manpu bikin produk yang lebih baik dari itu!

atau komen gini:

Ih, yang nulis sok kepinteran banget!

Oke, gue tegasin lagi semua isi di blog ini adalah gak seserius yang lo semua duga. Ini cuma berawal apa yang gue amati dan rasakan, no reseach no data! Dan ujungnya harap no Baper!

Jadi gak perlu diambil serius, sampe diusahan untuk didapatkan dan dicari saripatinya apalagi dipaksakan harus ada impactnya buat kehidupan orang banyak. Tapi, kalaupun ada manfaatnya anggaplah kritik disini sebagai masukan, dan anggaplah pujian sebagai ujian!

So, i start to write again!

Bismillahirrahmanirrahiim…

Leave a Reply

